Baznas Teken MoU dengan Disdikbud

By Disdik Inhu 18 Okt 2017, 13:43:09 WIBKegiatan Disdik
Baznas Teken MoU dengan Disdikbud

RENGAT - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menandatangani memorandum of understanding (MOU) atau perjanjian kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) daerah itu tentang pengelolaan dan pendayagunaan zakat, infak dan sedekah, Selasa (17/10).

Disdikbud merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pertama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhu yang telah melaksanakan perjanjian kerja sama dengan Baznas daerah itu. Sementara Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyambut baik keberadaan Baznas dalam mengelola zakat, infak dan sedekah umat di daerah itu.

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, Disdikbud Kabupaten Inhu meneruskan dengan membentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di masing-masing sekolah.   “Keberadaan Baznas harus didukung penuh semua lapisan termasuk dunia pendidikan,” ujar Kadisdikbud Kabupaten Inhu H Ujang Sudrajat SP MSi, Selasa (17/10).

Apa yang dilakukan oleh Baznas merupakan gerakan kepedulian terhadap sesama dari yang mampu kepada yang tidak mampu. Bahkan, melalui Baznas tersebut dapat mengentaskan kemiskinan melalui berbagai bantuan peningkatan ekonomi warga.

Makanya sebut Kadisdikbud ini, saat acara penandatangan perjanjian ini sengaja dihadirkan Kepala Bidang, Kepala UPTD, Ketua K3S di lingkungan Disdikbud.

“Zakat yang diharapkan dapat dikelola oleh Baznas di lingkungan Disdikbud yakni berupa zakat profesi,” ungkapnya.

Budaya berzakat selama ini sambungnya, terutama di dunia pendidikan belum maksimal sehingga dampak perubahan terhadap warga yang diharap dari Baznas tentunya juga belum maksimal. Untuk itu, melalui penandatanganan kerjasama ini hendaknya dapat ditindak lanjuti hingga ke tingkat sekolah. “Mudah-mudahan yang dilakukan dengan menyis