SDS 023 AAL Jatirejo Wakili Riau

By Disdik Inhu 27 Jul 2016, 10:02:19 WIBSekitar Kita
SDS 023 AAL Jatirejo Wakili Riau

RENGAT – Program polisi sampah mengantarkan Sekolah Dasar Swasta (SDS) 023 Astra Agro Lestari (AAL) di Blok Q Desa Jatirejo Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri (Inhu) meraih sekolah adiwiyita tingkat Provinsi Riau. Bahkan, sekolah yang memiliki murid sebanyak 130 orang dengan 10 orang guru, berhak mewakili Provinsi Riau ditingkat Nasional pada program yang sama.

Persiapan jelang menghadapi lomba sekolah adiwiyata ditingkat nasional, pihak SDS 023 AAL tetap komit menjaga kebersiahan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. “Alhamdulillah, SDS 023 AAL ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Riau dan melaju ketingkat nasional,” ujar Kepala SDS 023 AAL Sarwoko Spd, Selasa (26/7).

Memang sebutnya, untuk mewujudkan sekolah adiwiyata hingga dapat ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata ditingkat provinsi, telah banyak program yang telah dilakukan. Seperti, pembentukan polisi sampah yang beranggotakan sebanyak enam orang.

Tugas utama polisi sampah yang berasal dari kelas 4 hingga kelas 6 yakni mengatur keberhasilan sekolah. Dimana setiap pagi, polisi sampah rutin melaksanakan patroli dengan mengelilingi lingkungan sekolah dan ketika menemukan sampah akan memberitahukan kepada murid disetiap kelas yang berdekatan dengan sampah tersebut.

Kemudian sampah yang ada, dikumpulkan dan dibagi dalam dua tempat yakni organik dan non organik. “Sampah organik didaur ulang menjadi pupuk kompos dan dimanfaatkan untuk tanaman yang ada lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Selain itu juga, warga sekolah selama ini menjadikan sejumlah sampah dari barang-barang bekas dijadikan kerajinan tangan seperti membuat tempat gelas, membuat jam dinding dari kaset CD bekas hingga membuat alas kaki dari kain perca. Sehingga sebagaian kebut