Sekolah Dilarang Lakukan Pungutan PPDB

By Disdik Inhu 17 Jun 2017, 12:02:39 WIBKegiatan Disdik
Sekolah Dilarang Lakukan Pungutan PPDB

DISDIK.INHUKAB.GO.ID  – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) daerah itu mulai melaksanakan penerimaan peserta didikan baru (PPDB) disetiap tingkatkan terhitung sejak Senin (19/6) hingga Rabu (21/6). Bahkan dalam proses PPDB ini, pemkab melarang melakukan pungutan dalam bentuk apapun terhadap sekolah.

PPDB kali ini juga mengacu kepada sistim zona dan mengacu kepada kurikulum 2013. “

‘’Ketentuan PPDB dan imbauan tentang larangan melakukan pungutan sudah disampaikan kepada masing-masing kepala sekolah disetiap tingkatan,” ujar Kadisdikbud Kabupaten Inhu H Ujang Sudrajat SP Msi, Jumat (16/6).

Dijelaskannya, larangan agar tidak melakukan pengutan disetiap sekolah pada saat proses PPDB juga ditekankan oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto SE. Sehingga dengan surat imbauan yang sudah disampaikan kepada masing-masing sekolah, sudah dapat dipedomani oleh setiap kepala sekolah.

Bahkan, pihak sekolah dilarang melakukan pungutan dengan alasan untuk pembangunan fisik sekolah dan bentuk lainnya. ‘’Tidak ada alasan bagi sekolah melakukan pungutan dan bagi sekolah yang diketahui melakukan pengutan akan diambil langkah-langkah tegas,” ungkapnya.

Untuk PPDB itu sendiri sambungnya, lebih mengedepankan zona. Dimana penerimaan peserta didik berdomisili pada rasius zona terdekat sekolah lebih diutamakan yakni 90 persen. Kemudian untuk penerimaan diluar zona sekolah lebih mempertimbangkan kepada prestasi sebanyak 5 persen dan 5 persen lainnya untuk peserta didik dengan alasan pindah domisili atau dekat dengan orangtua.

Usai pendaftran, dilanjutkan dengan tahapan daftar ulang yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juli disetiap jenjang pendidikan yakni TK, SD dan SMP sederajat. Bahkan pada saat daftar ulang