Siswa SD 016 Rengat Juara Tingkat Provinsi

By Disdik Inhu 24 Mar 2017, 18:46:02 WIBSekitar Kita
Siswa SD 016 Rengat Juara Tingkat Provinsi

RENGAT (DISDIK.INHUKAB.GO.ID) - Tidak banyak yang menyangka dengan kondisi tubuh yang tidak sempurna, namun buktinya, Mayendra (12) siswa inklusi SDN 016 Rengat yang terlahir dengan kondisi fisik yang tidak sempurna berhasil meraih juara satu tingkat Provinsi Riau pada lomba penulisan kreatif antar siswa SD inklusi se-Provinsi Riau tahun 2017.

Hasil maksimal yang diraih siswa inklusi kelas enam SDN 016 ini dapat membanggakan sekolah dan daerah. ‘’Kami sangat bersyukur, Mayendra yang merupakan siswa berkebutuhan khusus di SDN 016 Rengat mampu meraih prestasi hingga membanggakan sekolah dan daerah yakni Kabupaten Inhu,” ujar Kepala SDN 16 Rengat Wilman SPd, Kamis (23/3).

Menurutnya, tulisan yang  dibuat Mayendra hingga memenangkan lomba ini sejatinya merupakan curahan hati dan kegundahannya sebagai seorang siswa berkebutuhan khusus. Dalam tulisan yang ditujukan langsung kepada Gubernur Riau tersebut, Mayendra menceritakan bagaimana perjuangannya untuk melanjutkan pendidikan sebagai orang yang terlahir dalam kondisi tidak sempurna.

Sebab tidak seluruh sekolah menyelenggarakan pendidikan iklusi. Bahkan, Mayendra juga menceritakan tantangan yang harus ia hadapi saat bergaul dengan teman-temannya di sekolah, terutama dengan siswa lain yang kondisinya normal serta kegundahannya akan kelanjutan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena, di Kabupaten Inhu belum ada SMP sederajat yang menyelenggarakan pendidikan iklusi.

‘’Sebagai siswa kelas VI, tahun ini Mayendra akan mengikuti Ujian Sekolah Provinsi. Makanya dia gundah karena untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP ia harus ke SLB di Airmolek yang jaraknya jauh dari tempat tinggalnya,” ujar Milwan. Untuk membuat tulisan tersebut, Mayendra hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Meskipun secara fisik sempurna tetapi pemikiran dan